Apresiasi Inovasi Taman Asmandari Jombang

2021-08-23 08:22:41 || Sudah dibaca sebanyak : 1344X

DINKES JATIM APRESIASI INOVASI ASMAN TOGA DAN AKUPRESUR TAMAN ASMANDARI JOMBANG

 

Beberapa inovasi kelompok Asuhan Mandiri (ASMAN) Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur Taman Asmandari mendapat apresiasi dari Tim Penilai ASMAN TOGA dan Akupresur Kategori Pedesaaan Tingkat Provinsi Tahun 2021 saat melakukan verifikasi lapangan pada Kamis (19/08) di Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Inovasi yang diunggulkan oleh kelompok ASMAN TOGA dan akupresur Taman Asmandari antara lain hasil TOGA kelompok diolah menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomi dan telah berizin PIRT, Sayur Temu datuk ( Temulawak + Daun katuk ) untuk Ibu Menyusui dan Bubur Jamrut ( Jamu temulawak + RUTF ) untuk balita. Selain itu juga ada beberapa olahan makanan dari TOGA, yaitu getuk jahe coklat, agar-agar daun mint, dan lain sebagainya.

 

Tim Penilai Provinsi yang disambut langsung oleh Wakil Bupati Jombang, Bapak Sumrambah, S.P.,M.AP. beserta jajarannya juga meninjau Rumah Sehat yang diperuntukkan bagi tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala. Di Rumah Sehat tersebut, pasien Covid-19 diberikan olahan makanan dan ramuan (jamu) dari TOGA untuk meningkatkan imunitasnya. 

Selanjutnya para anggota kelompok ASMAN TOGA dan akupresur Taman Asmandari mempraktekkan keahliannya di depan Tim Penilai dalam membuat  ramuan (jamu) dan ketrampilan akupresur. Mereka dinilai dalam hal ketepatan penentuan bahan jamu dan cara pengolahannya serta ketepatan dalam menentukan titik akupresur dan mempraktekannya.

Penilaian ASMAN TOGA dan Akupresur tingkat provinsi ini bertujuan untuk memberikan motivasi pada masyarakat dalam hal ini kelompok ASMAN TOGA dan Akupresur untuk terus berupaya hidup sehat secara mandiri dengan memanfaatkan TOGA dan Akupresur serta melakukan pembinaan pada kelompok Asman sehingga kelompok Asman dapat berjalan secara kontinu dan berkesinambungan serta  terbentuk kelompok Asman yg berkualitas.

 

Asuhan Mandiri melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresur merupakan salah satu upaya kesehatan untuk mendukung program prioritas dengan memberikan solusi dan intervensi pada berbagai permasalahan yang ditemukan dalam pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Selain itu, di era pandemi Covid-19 seperti saat ini masyarakat dapat memanfaatkan TOGA dan Akupresur untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara mandiri sebagai salah satu upaya dalam mencegah penularan Covid-19.

 

Tim Penilai ASMAN TOGA dan Akupresur Kategori Pedesaaan Tingkat Provinsi Tahun 2021 terdiri dari Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, perwakilan dari Tim Penggerak PKK Jawa Timur, perwakilan dari UPT Laboratorium Herbal Materia Medica Batu serta perwakilan dari Sentra Pengembangan, Penerapan dan Pengobatan Tradisional Jawa Timur.

LAKIP


CACAK