Menkes RI di Bangkalan

2021-06-09 08:48:56 || Sudah dibaca sebanyak : 275X

Menkes RI di Bangkalan

 

Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU bersama Kepala BNPB, Letjen Ganip Warsito, S.E., M.M. didampingi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan jajaran Forkopimda Jawa Timur berkunjung ke kabupaten Bangkalan untuk melakukan Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 bersama jajaran Pemkab Bangkalan, Selasa (08/06) di Pendopo Agung Bangkalan.

 

 

 

Dalam rapat koordinasi tersebut, Menkes Gunadi berpesan 4 hal dalam mengendalikan penyebaran COVID-19 di Jawa Timur, khususnya di kabupaten Bangkalan, antara lain :

 

1. Jika ada warga yang sakit, harus segera dibawa ke RS, semakin cepat dibawa ke RS, smakin besar peluangnya untuk sembuh dan bisa mengurangi resiko kematian.

 

2. Patuhi protokol kesehatan, khususnya memakai masker, karena dengan memakai masker, resiko penularan di bawah 5%. Virus ini tdk ganas, tetapi sangat cepat menular dan bisa berakibat fatal bagi seseorang yang memiliki imunitas rendah.

 

3. Ajak masyarakat utk melakukan tes swab. Cari yang positif dan tracing kontak eratnya lalu lakukan isolasi selama 14 hari. Jika bergejala berat, segera bawa ke RS.

 

4. Pelaksanaan vaksinasinya dipercepat. Setidaknya jika terpapar virus, sudah memiliki pertahanan, namun jika virus yg masuk terlalu banyak maka bisa tertular juga. Oleh karena itu tetap patuhi protokol kesehatan.

 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah menambahkan bahwa agar budaya "toron" atau mudik saat Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada bulan Juli mendatang agar ditahan dulu. Patuhi prokes dan kurangi mobilitas demi mengendalikan penyebaran Covid-19.

 

 

#kemenkesri

#bnpb

#pemprovjatim

#jatimcettar

#dinkesjatim

#tanggulangicovid19

#bangkalan

#pemkabbangkalan

 

@kemenkes_ri @jatimpemprov @humasprovjatim @promkesjatim