Kunker Komisi IX DPR RI

2020-10-06 13:47:10 || Sudah dibaca sebanyak : 36X

TINGKATKAN TATA KELOLA ALKES DI JATIM, TIM KUNKER KOMISI IX DPR RI TINJAU PERMASALAHAN ALKES DI LAPANGAN

Demi meningkatkan tata kelola dan produksi alat kesehatan dalam negeri di wilayah Jawa Timur, Tim Kunjungan Kerja Panja Komisi IX DPR RI mengenai Tata Kelola Alat Kesehatan Provinsi Jawa Timur melakukan Rapat Koordinasi bersama Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan perwakilan pabrik lokal yang memproduksi alat kesehatan di Jawa Timur, Kamis (01/10) bertempat di Dinkes Jatim.

Pertemuan tersebut membahas tentang permasalahan- permasalahan yang dihadapi di lapangan sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan pemerintah bersama legislatif dalam membuat kebijakan tentang tata kelola alat kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Herlin Ferliana, M.Kes menyampaikan beberapa permasalahan terkait tata kelola alat kesehatan di Jawa Timur. Salah satunya, ia berharap agar ada regulasi lebih lanjut yang mengatur tentang kalibrasi.

"Di Jawa Timur yg bisa memfasilitasi kalibrasi hanyalah BPFK, sedangkan antriannya sangat panjang, apalagi BPFK jg merangkap provinsi lain, sehingga pelaksanaan kalibrasi alat kesehatan di Jawa Timur kurang maksimal." tuturnya

Ketua Tim Kunjungan Kerja Panja Komisi IX DPR RI mengenai Tata Kelola Kesehatan, Dra. Sri Rahayu mengatakan bahwa dengan mengetahui permasalahan2 di lapangan, bisa menjadi bahan dalam menyusun kebijakan dan regulasi untuk mendorong produksi alat kesehatan  berteknologi tinggi yang murah, sehingga biaya pelayanan kesehatan pun bisa menjadi murah.

Setelah pelaksanaan rapat koordinasi selesai, tim melanjutkan peninjauan lapangan ke PT. Zenith dan PT. Jayamas Medica  Industri.