Menkes Berikan Santunan

2020-06-24 19:08:40 || Sudah dibaca sebanyak : 171X

Menkes berikan Santunan kepada keluarga Nakes yang gugur dalam tugas Covid-19 di Jatim

 

Menteri Kesehatan RI, Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K)  memberikan santunan kepada keluarga dari tiga tenaga kesehatan yang wafat saat bertugas menangani pasien COVID-19. Santunan diberikan langsung di RSUD Soetomo, Surabaya dalam kunjungan kerjanya.

Tiga tenaga kesehatan yang telah wafat tersebut bertugas di RSUD Soetomo dan RSUD Sidoarjo.

Menkes Terawan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi mereka dan tenaga kesehatan lainnya yang telah mengabdikan dirinya dalam penanganan COVID-19.

“Khusus tenaga kesehatan yang telah wafat saya berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas pengabdiannya dalam penanganan COVID-19,” kata Menkes.

Keluarga nakes yang wafat tersebut masing-masing mendapat santunan sebesar Rp.300 juta. Ia menambahkan santunan tersebut merupakan pemberian dari Presiden RI Joko Widodo. Dirinya mewakili langsung presiden untuk memberikan santunan tersebut.

“Kami harapakan itu (santunan) bisa menguatkan keluarga yang ditinggalkan almarhum,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes juga memberikan bantuan masker sebanyak 1.000 pcs. Bantuan diberikan langsung kepada Dirut Soetomo dr. Joni Wahyuhadi.

Kunjungan kerja Menkes Terawan ke RSUD Soetomo dilakukan untuk melihat secara riil bagaimana kondisi penanganan COVID-19. Selain itu juga ia mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain, memakai masker, dan rajin mencuci tangan pakai sabun.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk menjaga imunitas dengan rutin berolahraga, tetap semangat dan berpikiran positif.

Menkes Terawan yakin dengan kegotong-royongan dan kerjasama dari seluruh pihak, pandemi ini bisa segera berakhir.

"Mari kita bersama-sama bekerja keras dan saling berkomunikasi agar terjadi sinkronisasi atas segala hal yang kita rencanakan dan implementasikan." ujarnya.

Setelah kunjungan kerja ke RSUD Soetomo selesai, Menkes Terawan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Herlin Ferliana, M.Kes. melaksanakan hearing bersama beberapa Direktur RS di Jawa Timur yang membahas tentang kendala yang dihadapi di lapangan dalam menangani pasien COVID-19 untuk dicarikan solusi bersama demi percepatan penangan COVID-19 di Jawa Timur.