Gubernur Hadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional

2014-11-25 00:11:26 || Sudah dibaca sebanyak : 1054X
Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun ini akan diselenggarakan di Dinkes Prov Jatim pada hari selasa tgl 25 Nopember 2014, dimulai pukul 7.00 Wib yang akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Peringatan HKN yang ke 50 ini mengambil tema “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku“, yang menunjukkan bahwa apabila masyarakat sehat maka negara akan menjadi kuat. Namun kesehatan tidak bisa berjalan sendiri harus didukung oleh semua pihak, baik antar pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Kegiatan HKN yang sudah dilaksanakan antara lain meliputi, upacara pembukaan HKN, lomba-lomba ( cerdas cermas, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, karaoke, senam korpri, paduan suara ), jalan sehat, sepeda sehat (Gowes Selawasuta), upacara HKN dan resepsi peringatan HKN ke 50.

Pada perayaan HKN ini juga akan diberikan penghargaan kepada beberapa Bupati dan Walikota, beberapa Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit yang ada di Jawa Timur, APPSANI , POPTI, guru SD yang mempunyai kepedulian tinggi untuk memberi dukungan pada anak denga HIV yang terlantar dan relawan yang memberikan kemudahan serta keringanan biaya bagi penderita TBC untuk melakukan pengobatan.

Selain daripada itu peringatan HKN pada tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk menyatakan pada masyarakat agar memulai upaya kesehatan dengan menjaga dirinya untuk tetap sehat, melalui upaya yang bersifat promotif, preventif pada seluruh keluarga dan lingkungannya juga mengurangi upaya yang bersifat kuratif. Hal ini penting karena pencegahan lebih murah dan efektif daripada mengobati. Pencegahan harus dimulai dari masing-masing pribadi dari masyarakat itu sendiri.

Dinas Kesehatan Provinsi sebagai koordinator Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) mempunyai cakupan yang luas harus membina dan memonitor pelayanan kesehatan di 38 kab/kota dengan penduduk yang harus dilayani lebih dari 38 juta orang . Dimana Dinkes mempunyai UPT yang berupa RS Khusus Kusta, RS Paru, RS Mata, UPT Akademi Kesehatan, UPT tempat pelatihan kesehatan serta UPT Pengembangan Obat Tradisional dan kita patut bersyukur karena saat ini sesuai PERGUB No. 68 th 2014 menyatakan bahwa 3 Balai Kesehatan telah meningkat menjadi RS yaitu, RS Mata Masyarakat, RS Paru Madiun dan RS Paru Pamekasan. Diharapkan menguatkan sistem rujukan di Provinsi.

Demikian harapan Bapak Gubernur dan semoga kedepan makin banyak prestasi yang diukir oleh semua yang ada di jajaran Kesehatan maupun di luar jajaran Kesehatan, dan beliau sangat menghargai apabila Jawa Timur bisa menjadi pelopor perbaikan dan pengembangan di bidang Kesehatan.

SELAMAT SEMOGA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE 50 AKAN MENJADIKAN MASYARAKAT KITA LEBIH MANDIRI, SEHAT DAN SEJAHTERA..........
LAKIP


CACAK