Dinkes Jatim Selenggrakan Penilaian Asuhan Mandiri Toga Dan Akupresure Tingkat Provinsi Jawa Timur 2022

2022-06-10 13:41:51 || Sudah dibaca sebanyak : 2580X

Surabaya, 10 Juni 2022

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) menyelenggarakan Penilaian Administratif Asuhan Mandiri (ASMAN) Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur Kategori Pedesaaan tingkat Provinsi Jawa Timur, Selasa (07/06) bertempat di ruang rapat Dandang Gendis Dinkes Jatim. Penilaian ini diikuti oleh enam kelompok ASMAN TOGA dan Akupresur yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro, kabupaten Jember, kabupaten Jombang, kabupaten Lamongan, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo. Pada kesempatan tersebut, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pelaksanaan ASMAN TOGA dan Akupresur di daerahnya. Setelah dilakukan penilaian administrasi, selanjutnya akan dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Penilai Provinsi Jawa Timur ke 6 kabupaten tersebut.

Dari hasil presentasi kelompok ASMAN TOGA dan Akupresur menggambarkan bahwa masyarakat antusias terhadap kegiatan ASMAN TOGA dan Akupresur karena bisa langsung mengaplikasikan pemanfataan TOGA dan pemanfaatan Akupresur untuk mengatasi keluhan ringan secara mandiri dan terasa manfaatnya. Antusiasme peserta juga terlihat berbagai macam inovasi terkait TOGA yang telah dikembangkan diantaranya adalah JIMAT, yaitu Jadikan Makanan sebagai Obat, GERTAK TATO yaitu Gerakan Serentak Menanam TOGA, TEMU HATI yaitu Temulawak untuk mencegah Hipertensi, JAGA DAUS yaitu Jual Olahan Toga dapat fulus, TELAGA yaitu Tempat Edukasi TOGA dan masih banyak lagi.

Motivasi mereka semakin meningkat karena mendapat dukungan dari pemerintah daerah di wilayahnya, antara lain dari Dinas Kesehatan yang secara langsung memberikan pelatihan ASMAN TOGA dan Akupresur, serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya, seperti Dinas Pertanian, TP PKK, Dinas Perindustrian, Biro Kesos, Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian, Dinas Perikanan serta stakeholder tingkat kabupaten yaitu, Bupati, Camat, Lurah/ Kepala Desa dengan menerbitkan SK yang mendukung penyelenggaraan ASMAN TOGA dan Akupresur di daerahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dr. Erwin Astha Triyono, dr., Sp.PD., KPTI menyampaikan bahwa pembinaan ASMAN TOGA dan Akupresur ini merupakan salah satu upaya kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat untuk mendukung program prioritas dengan memberikan solusi dan intervensi pada berbagai permasalahan yang ditemukan pada pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).. “Pada tahun 2022, Provinsi Jawa Timur telah memiliki Kelompok Asuhan Mandiri melalui Pemanfaatan TOGA dan Akupresur sebanyak 2.340 kelompok. Melalui penilaian ini diharapkan mampu mendorong dan mewujudkan masyarakat sehat secara mandiri melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresur yang sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia” ujar Dr. Erwin

Tim Penilai Asuhan Mandiri melalui Pemanfaatan TOGA dan Akupresur terdiri dari lintas program dan lintas sektor, antara lain Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional Dinkes Jatim, Seksi Kefarmasian Dinkes Jatim, Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Tim Penggerak PKK Jawa BuTimur, UPT Laboratorium Herbal Materia Medica Batu, dan Sentra Pengembangan,Penerapan dan Pengobatan Tradisional Jawa Timur.

        

LAKIP


CACAK