Vaksinasi COVID-19 Booster di Jawa Timur Telah Dimulai

2022-01-14 12:21:29 || Sudah dibaca sebanyak : 2449X

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) melaksanakan pencanangan Vaksinasi COVID-19  Booster pada 12 Januari 2022.

Kick Off atau dimulainya vaksinasi di Jatim ini, digelar di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans Jatim), dengan sasaran sebanyak 100 orang yang terdiri dari guru, pengurus masjid, organisasi kemasyarakatan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Jenis vaksin yang digunakan adalah Astra Zeneca dan Moderna.

Kepala Dinkes Jatim, Dr. Erwin Astha Triyono, dr., Sp.PD.KPTI. menjelaskan bahwa program vaksin COVID-19  booster yang diberikan secara gratis ini sudah bisa diberikan kepada lansia di seluruh kabupaten/kota, sedangkan sasaran non lansia baru dapat dilaksanakan di kabupaten/ kota yang sudah mencapai cakupan dosis 1 total minimal 70%, dan cakupan dosis 1 lansia minimal 60%.

“Sasaran vaksinasi COVID-19 booster ditujukan bagi seluruh masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas lansia dan penderita imunokompromais serta telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya”. terang Dr. Erwin

Bagi masyarakat yang mendapatkan vaksin primer atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac, maka akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau Astra Zeneca. Sedangkan bagi masyarakat yang mendapatkan vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

Vaksinasi booster ini akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti puskesmas, rumah sakit pemerintah, serta pos vaksinasi lainnya yang ditentukan oleh daerah masing masing.

LAKIP


CACAK