Dinkes salurkan bantuan korban Banjir

2021-11-08 20:49:29 || Sudah dibaca sebanyak : 1113X

Banjir Bandang di Bumiaji Kota Batu


Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur langsung berkoordinasi dengan Klaster Kesehatan Kota Batu dalam penanganan Bencana Banjir Bandang yang terjadi di kecamatan Bumiaji dan kecamatan Batu Kota Batu (05/11).
Dinkes Jatim menurunkan tim klaster kesehatan untuk melakukan Rapid Health Assesment (RHA) untuk menganalisis kebutuhan para korban bencana banjir bandang  secara cepat serta memenuhi kebutuhan logistik, obat-obatan, BMHP, masker dan kebutuhan lainnya.


Tim klaster kesehatan terbagi dalam beberapa sub klaster yang memiliki tugas masing-masing sesuai dengan kondisi di lapangan.
Sub Kluster Pelayanan Kesehatan melakukan pelayanan kesehatan kepada 9 orang di Posko Kesehatan Kecamatan Bumiaji, 12 orang di Pos Kesdam/Gintung, serta 5 orang di Pos Balai Desa Bulukerto / Yonkes.
Sub Kluster KIA dan Kesehatan reproduksi bumil, busui, bayi, balita ,kespro akan mendistribusi susu dan leaflet promkes pada tgl 8 nopember 2021
Sub Kluster Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan bersama tim BBTKL ke  rumah warga yg terdampak utk memantau kondisi air bersih. Dan bersama tim Surveilans Provinsi serta Puskesmas Bumiaji ke rumah warga terdampak utk memantau keluarga terkait penyakit pasca bencana, memantau dapur umum, merencanakan ketersediaan rapid leptospirosis.

 
Sub Kluster Gizi melakukan koordinasi dengan dapur umum di balai desa dan gedung kesenian untuk asupan gizi masyarakat penerima konsumsi
Sub Kluster Kesehatan Jiwa  melakukan kegiatan Psikososial Support dan pengobatan sederhana di bulu dendeng dari yayasan alit, melakukan Koordinasi terkait intervensi jangka pendek, menengah dan panjang pada korban terdampak bencana serta rekomendasi pasca bencana
 

  dewi188
LAKIP


CACAK