Forum Germas Tingkat Provinsi

2021-04-01 12:09:37 || Sudah dibaca sebanyak : 3311X

KOORDINASI FORUM GERMAS TINGKAT PROVINSI

Surabaya, Selasa 23 Maret 2021

 

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Forum Germas Tingkat Provinsi pada tanggal 23 Maret 2021 bertempat di Ruang.Rapat Utama Bappeda Provinsi Jwa Timur. Pertemuan ini sebagai salah satu upaya dalam mendukung Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Jawa Timur untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat. Gerakan ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit menular dan penyakit tidak menular.

 

Pertemuan ini diikuti oleh 50 orang Lintas Sektor, Lintas Program, Akademisi, Ormas dan Dunia Usaha anggota Forum Germas Provinsi Jatim. Pada pertemuan kali ini membahas tentang Germas pada masa Pandemi Covid-19, Kesiapan Protokol Kesehatan di Sarana Transportasi Darat, Laut dan Udara, dan Evaluasi Penerapan Germas di Jatim dengan mengundang narasumber yaitu Ir Sigit Panoentoen, M.Si Kepala Bidang Pemerintahan Dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Jatim dan Ir. Luhur Prihadi Eka Nurabdi, MT , Sekretaris Dinas Perhubungan Jawa Timur.

 

Ir Sigit Panoentoen, M.Si menyampaikan Kegiatan GERMAS fokus pada penguatan upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Germas pada masa adaptasi kebiasaan baru difokuskan kepada menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, makan bergizi seimbang, olahraga, saling jaga. Tindak lanjut utama di Provinsi yang perlu dilakukan yaitu penyusunan kebijakan Germas, Penyusunan Program Germas, mengoptimalkan kegiatan kemitraan, dukungan  pendanaan, dan pemantauan, evaluasi serta pelaporan kegiatan Germas secara rutin.

 

Ir. Luhur Prihadi Eka Nurabdi, MT juga menyampaikan bahwa pada masa adaptasi kebiasaan baru diberlakukan disiplin protokol kesehatan di moda transportasi darat, laut, dan udara. Salah satu wujud konsistensi pelaksanaan protokol kesehatan di semua moda transpotasi, pada tahun 2020 dua terminal tipe B  yang ada di Provinsi Jawa Timur yang berhasil meraih juara dalam Lomba Terminal Sehat Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan yaitu Terminal Maospati Magetan sebagai juara 1 dan Terminal Anjuk Ladang Nganjuk sebagai juara 2. Diharapkan hasil pencapaian terminal sehat tersebut bisa menjadi percontohan moda transportasi darat lainnya untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan.

 

Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, menyampaikan bahwa Germas bukan hanya milik sektor kesehatan , tetapi merupakan sebuah kolaborasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan mensinergikan seluruh kekuatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada. Sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Timur yang tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur nomor: 188/449/KPTS/013/2017 tentang Kelompok Kerja Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Provinsi Jawa Timur, maka sangat diperlukan dukungan dan sinergisitas semua lintas sektor dalam mensukseskan pelaksanaan Germas sebagai salah satu upaya mengurangi angka kesakitan di Jawa Timur.

LAKIP


CACAK

Kalender

22-April-2024
24-April-2024