Distribusikan Sinovac

2021-01-13 23:02:08 || Sudah dibaca sebanyak : 511X

DINKES JATIM DISTRIBUSIKAN VAKSIN COVID-19 SINOVAC KE SURABAYA RAYA

 

Dinas Kesehatan Jawa Timur (Dinkes Jatim) mendistribusikan vaksin COVID-19 Sinovac tahap pertama bulan Januari 2021 ke tiga kabupaten/kota, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik, Rabu (13/01).

Masing-masing kabupaten/ kota mendapatkan sekitar 50 persen dari alokasi awal. Seperti kota Surabaya mendapat 15.000 vial, dari alokasi 33.420 vial. Kabupaten Sidoarjo didistribusikan sebanyak 4.000 vial dari alokasi 8.720 vial. Dan Kabupaten Gresik didistribusikan 3.000 dosis, dari alokasi 5.920 dosis.

Sekretaris Dinkes Jatim, Hertanto, SKM., M.Si menyampaikan bahwa masing-masing kabupaten/ kota tersebut sementara menerima sekitar 50 persen vaksin karena mempertimbangkan kemampuan cold storage vaksin (tempat penyimpanan vaksin) masing-masing kab/kota.

  

"Kemudian sisanya, begitu cold storage untuk 3 kabupaten kota tersebut siap, maka akan sesegera mungkin akan kita distribusikan dalam waktu dekat," terangnya.

 

Ia menambahkan bahwa ada 2 hal yang menjadi catatan penting dalam pendistribusian vaksin ke masing-masing kabupaten/ kota, yaitu kemanan dan armada.

“Yang pertama adalah keamanan, dari pihak Kepolisian akan memback-up pengawalan distribusi vaksin dari Dinkes Jatim ke seluruh kab/kota hingga ke tempat vaksinasi. Yang kedua adalah armada, yang digunakan untuk membawa vaksin adalah armada yang standart, yang bisa menjamin suhu antara 2-8 derajat celcius. Ini yang kita jaga supaya kualitas vaksinnya terjaga.” pungkasnya