PRA RAKERKESNAS 2016

2016-03-03 15:55:03 || Sudah dibaca sebanyak : 2372X

PRESS RILIS PRA RAKERKESNAS 2016

SELANGKAH LEBIH DEKAT MENUJU UPAYA PEMENUHAN SDM KESEHATAN DALAM MEWUJUDKAN JAWA TIMUR SEHAT MELALUI PRA RAPAT KERJA KESEHATAN NASIONAL TINGKAT DAERAH JAWA TIMUR

 

Menjelang pelaksanaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada bulan Maret 2016, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pra Rakerkesnas tingkat Daerah di Surabaya pada tanggal 2-3 Maret 2016. Acara ini dilaksanakan dengan mengusung tema “Pemenuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan dalam Mewujudkan Jawa Timur Sehat”.  Sebagai bentuk dukungan dari pemerintah pusat, turut hadir baik sebagai narasumber maupun peserta yaitu jajaran Kementerian Kesehatan dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan, Biro Perencanaan dan Anggaran, Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, serta Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Kegiatan ini dihadiri oleh Rumah Sakit Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Dan Direktur Rumah Sakit Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

            Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Harsono menyampaikan perihal penting terkait pembangunan kesehatan di Jawa Timur, khususnya program prioritas yang akan dilaksanakan pada waktu mendatang. Kegiatan yang menjadi prioritas Jawa Timur di bidang kesehatan antara lain adalah penanganan permasalahan kesehatan masyarakat yaitu penyakit HIV AIDS, TB, Kusta, dan gangguan jiwa berat yang dipasung. Masalah kesehatan ini merupakan hal yang kini menjadi tugas penting bagi jajaran kesehatan di seluruh Jawa Timur dalam meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat. Salah satu upaya yang digiatkan dalam mendukung pencapaian target program prioritas dan juga menjadi tema dalam rapat kerja kali ini adalah pemenuhan sumber daya manusia di Jawa Timur. Sumber daya manusia yang memadai baik dari segi mutu maupun jumlah menjadi salah satu fokus pelaksanaan kinerja dalam mewujudkan Jawa Timur Sehat. Hal ini menjadi tugas besar bagi pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota di Jawa Timur khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

            Di tempat yang sama, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan, Bapak drg. Usman Sumantri, M.Sc. mengatakan bahwa Pemerintah Pusat bertanggung jawab dalam hal pemenuhan Sumber Daya Kesehatan ke seluruh pelosok Tanah Air, khususnya pada daerah-daerah yang kurang diminati. Dengan begitu, kebutuhan akan tenaga kesehatan khususnya dokter, dokter gigi dan dokter spesialis di daerah-daerah yang terpencil dan sangat terpencil diharapkan dapat terpenuhi.

            Rapat kerja ini menjadi sarana bagi pelaksana pembangunan kesehatan di kabupaten/kota di Jawa Timur untuk berkoordinasi dalam merumuskan peran yang akan dijalankan dalam pencapaian kinerja pembangunan kesehatan yang optimal. Hasil rapat ini diharapkan nantinya dapat ditindaklanjuti sebagai bentuk komitmen untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Di samping itu, pelaksanaan rapat kerja ini menghasilkan kesepakatan terkait permasalahan kesehatan di Jawa Timur yang nantinya akan dibawa ke dalam Rapat Kerja Nasional di Jakarta. Hasil kesepakatan tentang isu strategis di Jawa Timur ini nantinya diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam penyusunan kebijakan bidang kesehatan yang dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya di Jawa Timur, dan masyarakat Indonesia pada akhirnya (azz).

Materi Pra Rakerkesnas dapat di unduh disini :

Materi 1

Materi 2

LAKIP


CACAK