Kondisi Pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan

2015-07-09 01:45:13 || Sudah dibaca sebanyak : 1371X

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu dari penyelenggara pembangunan kesehatan mempunyai visi : ”Masyarakat Jawa Timur Mandiri untuk Hidup Sehat”. Untuk mewujudkan hal itu tentu Dinas Kesehatan perlu didukung oleh pegawai yang mempunyai kompetensi, profesionalitas, dan sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat dalam hal kesehatan. Oleh karena itu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur perlu memperhatikan komposisi Pegawai yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kompetensi.

Latar pendidikan pegawai dapat digunakan sebagai salah satu indikator menentukan keterampilan pegawai yang sesuai dengan bidang yang di tekuni. Selain itu pendidikan dapat menentukan pola karier pegawai itu sendiri.

Pada tahun 2012, jumlah pegawai di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebanyak 360 orang. Mayoritas pegawai di Dinas Kesehatan Jawa Timur pada tahun 2012 memiliki latar pendidikan jenjang S1 dengan proporsi sebesar 41,11%, selanjutnya adalah latar belakang pendidikan jenjang SMA sebanyaka 32,22%, dan pegawai dengan latar belakang pendidikan jenjang S2 sebanyak 15,56%. Dengan rincian untuk pegawai jenis kelamin laki-laki paling banyak berlatar pendidikan SMA yaitu sebanyak 83 orang, sedangkan untuk pegawai jenis kelamin perempuan latar belakang pendidikan paling banyak adalah jenjang S1 dengan jumlah 91.

Gambar 1. Distrbusi Jumlah PNS di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Tahun 2012

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2. Jumlah PNS di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Tahun 2012

Sumber: Daftar Urut Kepangkatan PNS Dinas Provinsi Jawa Timur Tahun 2012.

Di tahun 2013 dengan jumlah pegawai 382 orang, sebagian besar pegawai di Dinas Kesehatan Jawa Timur memiliki latar belakang pendidikan jenjang S1 dengan proporsi sebesar 39,27%. Terjadi penurunan untuk proporsi pegawai dengan latar belakang SMA jika dibandingkan dengan tahun 2012, dengan presentase 29,32%. Untuk pegawai dengan latar belakang pendidikan S2 terdapat peningkatan presentase jika dibandingkan dengan tahun 2012 menjadi sebesar 19,90%. Dengan rincian untuk pegawai jenis kelamin laki-laki paling banyak berlatar pendidikan SMA yaitu sebanyak 80 orang, sedangkan untuk pegawai jenis kelamin perempuan latar belakang pendidikan paling banyak adalah jenjang S1 dengan jumlah 95.

Gambar 3. Distrbusi Jumlah PNS di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Tahun 2013

Gambar 4. Jumlah PNS di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Tahun 2013

Sumber: Daftar Urut Kepangkatan PNS Dinas Provinsi Jawa Timur Tahun 2013.

 Jumlah pegawai pada tahun 2014 adalah 378 orang. Jika dibandingkan dengan 2 tahun sebelumnya, pada tahun 2014 terdapat peningkatan untuk proporsi presentase pegawai di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk latar belakang pendidikan jenjang S1 dan S2. Pegawai dengan latar belakang pendidikan S1 memiliki presentase sebesar 41,27%, dan presentase pegawai dengan latar belakang S2 sebesar 20.11%. Di tahun 2014, pegawai jenis kelamin laki-laki paling banyak berlatar pendidikan SMA yaitu sebanyak 82 orang, sedangkan untuk pegawai jenis kelamin perempuan latar belakang pendidikan paling banyak adalah jenjang S1 dengan jumlah 102.

Gambar 5. Distrbusi Jumlah PNS di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Tahun 2014

Gambar 6. Jumlah PNS di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Tahun 2014

Sumber: Daftar Urut Kepangkatan PNS Dinas Provinsi Jawa Timur Tahun 2014.

Gambar 6. Perkembangan Presentase PNS di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Tahun 2014

Sumber: Daftar Urut Kepangkatan PNS Dinas Provinsi Jawa Timur Tahun 2014.

Jika dilihat dari grafik, maka presentase pegawai berdasarkan latar belakang pendidikan selama 3 tahun di atas terlihat bahwa pergeseran jumlah untuk latar belakang pendidikan kearah yang lebih baik semakin meningkat. Terlihat bahwa jumlah pegawai dengan latar belakang SD mengalami penurunan dalam hal jumlah, dan pegawai dengan latar belakang sarjana yaitu S1 dan S2 dari tahun ke tahun jumlahnya semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa Pegawai di Dinas Kesehaktan Provinsi Jawa Timur senantiasa memunculkan perbaikan terhadap tatanan lama khususnya dalam hal latar belakang pendidikan pegawai guna meningkatkan daya saing. Kondisi pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur ini diharapkan dapat memberikan peluang besar untuk terwujudnya visi dalam membentuk Masyarakat Jawa Timur Mandiri untuk Hidup Sehat.

 
LAKIP


CACAK