TAHUN 2015 ANAK JAWA TIMUR BEBAS CACING

2015-05-13 18:13:50 || Sudah dibaca sebanyak : 2103X

Penyakit kecacingan masih menjangkit di anak-anak di Jawa Timur.  Infeksi Cacing tersebar luas, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Hasil pemeriksaan tinja pada anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang telah   dilakukan di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Timur  menunjukkan rata-rata angka kinfeksi cacing  sebesar  20%, dengan kisaran bervariasi antara 0 – 54 %.

                 Telur cacing yang banyak ditemukan ditinja anak-anak adalah jenis cacing Gelang (Ascaris lumbricoides) lebih dari 60%, sisanya adalah cacing Tambang (Ancylostoma duodenale) dan cacing cambuk (Trichuris trichiura).

 Pada anak pra sekolah kecacingan terbukti memberikan dampak yang sangat nyata bagi kesehatan anak. Investasi cacing berhubungan erat dengan kehilangan mikronutrien, malabsorbsi vitamin A yang mengakibatkan malnutrisi, anemi dan gangguan pertumbuhan. Infeksi yang berlanjut pada anak-anak berpengaruh pada kebugaran anak, nafsu makan dan akan mengakibatkan prestasi sekolah menurun. Disamping itu investasi cacing yang berkepanjangan akan berakibat menurunnya daya tahan terhadap berbagai infeksi yang lain.

                 Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka mulai tahun 2015 serentak di Kabupaten/Kota se Jawa Timur akan melaksanakan program pengobatan kecacingan untuk anak pra sekolah dan anak sekolah dasar (usia 1 – 12 tahun) dengan memberikan obat cacing 1 kali/tahun. Pada tahun 2015 ditargetkan ada 8.817.196 anak usia sekolah dan pra sekolah akan mendapatkan obat cacing. Obat cacing yang diberikan adalah Albendazole dengan dosis 200 mg untuk anak usia 1-2 tahun, sedangkan untuk anak usia lebih dari 2 tahun diberikan dosis 400 mg.

Pelaksanaan pemberian obat cacing untuk anak pra sekolah diberikan melalui posyandu dan PAUD bersamaan dengan pemberian vitamin A pada bulan Agustus, sedangkan untuk anak sekolah dasar kelas 1 sampai dengan kelas 6 serentak dimulai bersamaan dengan Peringatan Hari Anak Nasional pada bulan Juli 2015 melalui kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah di masing- masing Sekolah Dasar/MI.

Mari kita berpartisipasi dan sukseskan kegiatan Pengobatan Kecacingan anak prasekolah dan anak sekolah dasar di Jawa Timur Tahu 2015 demi melindungi anak- anak kita, menuju anak Jawa Timur yang Sehat dan Cerdas.

 

LAKIP


CACAK

Kalender

22-April-2024
24-April-2024