PERINGATAN HARI KANKER SEDUNIA 2015 DI JAWA TIMUR

2015-02-07 03:34:30 || Sudah dibaca sebanyak : 1274X

PERINGATAN HARI KANKER SEDUNIA 2015 DI JAWA TIMUR

Latar Belakang

Jumlah penderita kanker di seluruh dunia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data dari GLOBOCAN 2012, diperkirakan terdapat 14,1 juta kasus kanker baru yang muncul. Pada tahun yang sama, terdapat 8,2 juta kematian karena kanker. Angka penderita ini diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya dan diperkirakan mencapai 23,6 juta kasus baru per tahun pada 2030.

Ditinjau dari sisi ekonomi, data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa pengeluaran negara untuk penyakit kanker adalah kedua tertinggi setelah pengeluaran untuk hemodialisa. Pengeluaran negara untuk kanker pada tahun 2012 adalah sebesar 144,7 milyar rupiah.

Salah satu masalah terbesar dalam penganggulangan kanker saat ini adalah banyaknya informasi yang kurang dapat dipertanggungjawabkan tersebar di masyarakat sehingga pasien tidak melakukan pengobatan secara benar dan baru datang ke pusat pelayanan kesehatan setelah terlambat.

Salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan kanker di Indonesia adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Sebanyak 43% dari seluruh kasus kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Sedangkan 30% dari kasus dapat disembuhkan bila ditemukan dan diobati pada keadaan dini.

Tema Hari Kanker Se-Dunia tahun ini berusaha menjangkau masyarakat untuk yakin bahwa kanker bukanlah diluar kemampuan kita. Penyakit ini dapat dicegah, dideteksi secara dini, diobati/dikontrol dengan baik dengan pengobatan yang benar, dan pasien kanker berhak mendapat kualitas hidup yang baik. Pada kesempatan ini juga disosialisasikan kalimat slogan peduli kanker berupa “Hidup Sehat Hindari Kanker.”

Peringatan Hari Kanker Sedunia di Jawa Timur tahun 2015 dilaksanakan dengan turut serta mengajak organisasi profesi terkait kanker, rumah sakit pemerintah dan swasta, serta berbagai lembaga sosial masyarakat.

Tujuan

Meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian masyarakat luas mengenai bahaya kanker

Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan kanker

Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemeriksaan penyaring kanker sebagai upaya deteksi dini kanker

Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional sebagai upaya penerapan pelayanan kanker untuk seluruh lapisan masyarakat khususnya di Jawa Timur.

RANGKAIAN KEGIATAN WORLD CANCER DAY 2015 di JAWA TIMUR

Awareness Programme

World Cancer Day on The Road

Bentuk Kegiatan berupa Aksi simpatik dengan memakai Kaos World Cancer Day

(WCD) 2015 turun ke jalan untuk mengkampanyekan kesadaran akan kanker. Pada kegiatan ini akan dibagikan selebaran edukasi (flyer) dan pin ke masyarakat.

Acara ini dibuka oleh Gubernur Jawa Timur di Grahadi yang didahului dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Grahadi 2015 / Hidup Sehat Hindari Kanker yang berisi :

Melakukan dan memasyarakatkan gaya hidup sehat untuk mencegah kanker
Bersedia melaksanakan melaksanakan dan memasyarakatkan deteksi dini
Meningkatkan kualitas hidup bagi penderita kanker dan keluarga

Penyebaran flyer dan pin dilakukan di beberapa tempat, antara lain : di depan Grahadi, Taman Bungkul,  Perempatan jalan Darmo-Polisi Istimewa , sekitar RSUD Dr.Soetomo, perempatan jalan Kapasan, perempatan jalan Boulevard PTC.

PHOTO KEGIATAN :

Seminar Awam

Sumber informasi medis terkait kanker di Indonesia dirasa masih kurang. Sebagai akibatnya, banyak pasien kanker merasa takut atau enggan untuk menjalani pengobatan medis. Selain itu pola hidup sehat yang berguna untuk menghindari kanker juga masih sangat sedikit disosialisasikan. Seringkali masyarakat justru mendapat informasi mengenai kanker dari sumber lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan asalnya. Seminar ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kanker. Melalui peningkatan pemahaman pasien mengenai kanker, diharapkan kasus kanker dan kasus kanker yang terlambat ditangani dapat berkurang.

Kegiatan berupa presentasi berisi edukasi pola hidup sehat untuk menghindari kanker, deteksi dini kanker dan pengobatan kanker  dengan peserta Ibu-Ibu PKK, Dharma Wanita, maupun Guru Sekolah.

Media Campaign

Kampanye  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker. Kampanye dilakukan melalui surat kabar, media elektronik dan media sosial

Social Programme

Pembagian Makanan Sehat

Kegiatan pembagian makanan sehat dilakukan untuk sosialisasi diet makanan sehat sebagai bagian dari pola hidup sehat. Kegiatan dilakukan di Rumah Singgah Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jawa Timur. Melalui pembagian makanan sehat, diharapkan pasien dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya sekaligus mengerti pentingnya diet makanan sehat.

Penutup

Dengan momen peringatan hari kanker sedunia ini , diharapkan semua elemen masyarakat terlibat aktif dalam pengendalian kanker, dan seluruh rangkaian acara yang diadakan dapat bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.

DEKLARASI GRAHADI 2015 HIDUP SEHAT HINDARI KANKER

by :64RENK PPKM

 

LAKIP


CACAK