Pekan ASI Sedunia 2012 dan Realisasinya di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur

2012-08-10 22:37:23 || Sudah dibaca sebanyak : 933X

Pekan ASI Sedunia merayakan ulang tahun ke -20 dengan tema Baby Friendly hospital Initiative  atau ” rumah sakit sayang bayi “. Pada tahun ini Word Breasfeeding Week (WBW) telah berfokus pada kemajuan yang telah dibuat pada implementasi strategi global makanan untuk bayi dan balita yang diadopsi dari organisasi kesehatan dunia (WHO) dan UNICEF sepuluh tahun yang lalu,  menerapkan strategi global guna meningkatkan tingkat menyusui terutama ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama.

Sepuluh tahun sudah strategi tersebut dilakukan oleh berbagai Negara termasuk Indonesia. Pada peringatan tahun ini kita diajak untuk mengevaluasi kembali kegiatan selama 10 tahun terakhir dan merencanakan kembali kegiatan yang menunjang peningkatan pemberian makanan bayi dan balita secara optimal.

Pekan ASI sedunia telah diperingati di seluruh dunia tiap minggu pertama bulan Agustus. Peringatan  PAS pertama kali dilaksanakan 20 tahun lalu oleh World Alliance For Breastfeeding Action (WABA). sebagai tindak lanjut deklarasi Inocenti tahun 1990 tentang promosi pemberian ASI. Pada tahun 2002 WHO dan UNICEF mencanangkan strategi global  peningkatan pemberian makanan bayi dan anak pada tahun 2002 yang meliputi : Inisiasi menyusu Dini (IMD) segera setelah lahir dalam satu jam pertama, dilanjutkan dengan rawat gabung  sampai bayi berumur 6 bulan, kemudian memberikan makanan pendamping ASI mulai 6 bulan dan terakhir menyusui dilanjutkan sampai anak berumur 24 bulan atau lebih.

Selengkapnya bisa didownload di sini.

Lokasi Bantuan Peralatan Laktasi bisa didownload di sini.

LAKIP


CACAK