Atasi Penyebaran Dokter Spesialis Belum Merata Dinkes Jatim Gelar Rapat Koordinasi

2014-06-02 22:23:43 || Sudah dibaca sebanyak : 870X

ATASI PENYEBARAN DOKTER SPESIALIS BELUM MERATA

DINKES JATIM GELAR RAPAT KOORDINASI

 

MALANG_Pembangunan Kesehatan di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memerlukan perhatian yang lebih optimal utamanya dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di semua fasilitas kesehatan. Namun masih ada beberapa kendala untuk mewujudkannya. Untuk itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur mengadakan rapat koordinasi Kebijakan Pembangunan Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2014, di Malang kemarin dengan dihadiri oleh Seluruh Kepala Dinas Kab/Kota, Direktur RSU Se-Jatim, Kepala UPT Dinkes Prov Jatim dan UPT Vertikal (01/6)

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Drs. Akhmad Sukardi, Msi. mengatakan salah satu poin yang dibahas dalam rapat tersebut adalah Regionalisasi sistem rujukan belum berjalan seperti yang diharapkan karena masih belum terstandarnya fasilitas kesehatan rujukan/rujukan regional serta beberapa kendala teknis lainnya yaitu tenaga kesehatan (dokter spesialis) dan geografis,” dibeberapa daerah belum terdapat dokter spesialis yang menangani pasien BPJS,” ungkapnya.

Dia menambhakan menurut SK Gubernur No. 188/786/KTPS/013/2013 tentang regionalisasi sistem rujukan di Provinsi Jawa Timur terdapat 2  RS rujukan Provinsi dan 9  RS rujukan regional serta 4  RS rujukan jiwa namun mekanisme teknis terkait hal itu belum semuanya berjalan. “sehingga perlu pembahasan lebih mendalam untuk bisa menjawab semua kebutuhan pelayanan rujukan dengan tidak mengabaikan letak geografis,” tambahnya.

Sementara itu menurut Gubernur jawa Timur Sukarwo yang diwakili oleh Ahmad Sukardi mengatakan pihaknya sangat mengharapkan adanya komunikasi yang intensif, serta keterpaduan, kesepahaman, integrasi, dan kesinambungan antara pelaku kesehatan juga pihak-pihak yang terkait dalam program kesehatan di Provinsi dan Kabupaten/Kota, “ sehingga secara komprehensif terlihat bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan akan menjadi lebih baik kualitasnya,” ungkapnya.

dr. Harsono selaku Kepala Dinas Kesehatan Prov Jatim menambahkan bahwa untuk mengoptimalkan pelaksanaan pelayanan kesehatan rujukan diperlukan SDM yang handal dan berkualitas, untuk itu Dinkes Prov Jatim memberikan penghargaan kepada para tenaga kesehatan teladan di Puskesmas agar termotivasi untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat. Setiap tahun dipilih tenaga kesehatan teladan dengan beberapa kategori, untuk Tahun 2014 sampai dengan bulan Mei telah ada beberapa nama yang masuk nominasi, yang selanjutnya akan dipilih juara 1, 2 dan 3 disetiap kategori yang akan diumumkan tanggal 10 Juni 2014. Nama-nama nakes teladan yang masuk nominasi tersebut adalah:

  

NO

NAMA

KATEGORI

KAB/KOTA

PUSKESMAS

1.

dr. Yuni Verosita

Tenaga Medis

Situbondo

Mlandingan

2.

dr. Yulia Fatma Wardani

Tenaga Medis

Pacitan

Wonokarto

3.

drg. Tutut Prihantini

Tenaga Medis

Lumajang

Klakah

4.

dr. Siti Nurfaida

Tenaga Medis

Ponorogo

Badegan

5.

dr. Lolita riamawati

Tenaga Medis

Surabaya

Sememi

6.

Agus Prayitno, Amd, Gz

Tenaga Gizi

Situbondo

Arjasa

7.

Dody Arista Nugraha, Amd.Gz

Tenaga Gizi

Malang

DAU

8.

Fibria Dhian Ikawati, Amd.Gz

Tenaga Gizi

Pacitan

Gemaharjo

9.

Markhamah, Amd. Gz

Tenaga Gizi

Pasuruan

Keraton

10.

F. Herlambang

Tenaga Gizi

Sidoarjo

Tarik

11.

Siti Susilawati, Amd.Kl

Tenaga Kes. Masy

Madiun

Mlilir

12.

Purwaningsih Setyawati, SKM

Tenaga Kes. Masy

Jombang

Pulo Lor

13.

Ike Mairina, Amd.KL

Tenaga Kes. Masy

Tuban

Kerek

14.

Randhi Kurniawan, S.Farm

Tenaga Kes. Masy

Malang

Sumber Pucung

15.

Reni Susanti, AMAK

Tenaga Kes. Masy

Magetan

Panekan

16.

Nurus Syamsiah, Amd.Keb

Tenaga Keperawatan

Pamekasan

Palengan

17.

Sri Purwati

Tenaga Keperawatan

Madiun

Geger

18.

Wasiska Suryaningrum,SST

Tenaga Keperawatan

Sampang

Jrangunan

19.

Supriyanto, S.Kep

Tenaga Keperawatan

Banyuwangi

Singojuruh

20.

Aan Nurdiyanto, A.Md.Kep

Tenaga Keperawatan

Surabaya

Peneleh

 

 

 

 

 

 

 

LAKIP


CACAK