RAKERKESDA 2013

2013-09-12 03:38:14 || Sudah dibaca sebanyak : 1014X

RAPAT KOORDINASI KESEHATAN DAERAH (RAKORKESDA)

PROVINSI JAWA TIMUR

 

Surabaya, Senin, 09 September 2013.

Menyongsong pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)  tahun 2014 pembangunan kesehatan dihadapkan berbagai isu antara lain belum terlindunginya masyarakat secara maksimal terhadap beban pembiayaan kesehatan, masih rendahnya aksesibilitas terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, standar pelayanan kesehatan dasar maupun rujukan  belum optimal, distribusi tenaga kesehatan yang belum merata, masih terkonsentrasi di daerah perkotaan, dan lain sebagainya.

Selain SJSN, pada tahun 2015 akan diberlakukan  AFTA (Asean Free Trade Area) yang bertujuan meningkatkan daya saing ekonomi negara-negara ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi pasar dunia, untuk menarik investasi dan meningkatkan perdagangan antar anggota ASEAN, demikian juga dalam bidang pelayanan kesehatan.

Untuk mensukseskan hal tersebut, Dinas Kesehatn Provinsi Jawa Timur mengadakan Rapat Koordinasi Kesehatan Daerah (RAKORKESDA) dengan mengambil tema  “Optimalisasi Pelayanan Kesehatan dan UPT Dalam Rangka Penguatan Sistem Rujukan Menuju Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional dan AFTA 2015”. Diharapkan forum ini bisa membuka wawasan dan menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan SJSN 2014  dan AFTA 2015.

Acara yang diselenggarakan mulai tanggal 9 sd/ 11 Oktober 2013  bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergisme pelaksanaan pembangunan kesehatan antara Provinsi dan Kab/Kota dalam rangka persiapan SJSN 2014 dan AFTA 2015 di Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai instansi kesehatan di seluruh Jawa Timur, yang terdiri dari Kepala  Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota se Jawa Timur, Direktur RS Provinsi  dan Kab/Kota, Kepala UPT Kementrian Kesehatan di Jawa Timur, Kepala /Direktur dan Kepala Tata Usaha  UPT Dinas Kesehatan Jawa Timur dan Pejabat Struktural Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Ada beberapa topik materi pada RAKORKESDA  tahun 2013 yang berlangsung selama tiga hari ini. Meliputi Kesiapan PPK dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2014, Peningkatan pelayanan kesehatan primer dan sekunder dalam menyongsong SJSN 2014, Optimalisasi UPT RS Khusus, Balai dan UPT Pendidikan dan Pelatihan  dalam penguatan sistem rujukan dalam menyongsong SJSN 2014, Persiapan pelayanan kesehatan rujukan ( Rumah Sakit) dalam  rangka AFTA 2015 dan Kesiapan IDI dalam rangka persiapan JKN 2014.

Adapun yang akan mengisi materi antara lain, Prof.dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD Wamenkes RI. dr. Ario Djatmiko, SpB(K)Onk Ketua satgas Persiapan AFTA 2015. Prof.Dr.dr. Akmal Taher, SpU(K) Dirjen BUK Kemenkes RI, dan lainnya.(cs)

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr. Harsono membuka acara RAKERKESDA

 

Prof.dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD Wamenkes RI memaparkan materi tentang SJSN

 

LAKIP


CACAK