PERINGATAN HARI HEPATITIS SEDUNIA DI JATIM 2015

2015-09-01 06:18:51 || Sudah dibaca sebanyak : 1666X

Peringatan Hari Hepatitis Se-Dunia yang ke-6 Tingkat Nasional Tahun 2015

di Jawa Timur

Hepatitis adalah penyakit keradangan pada organ hati. Penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi (virus, bakteri dan parasit), alkohol atau karena obat tertentu. Infeksi virus hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit hepatitis yang penting diperhatikan dalam upaya penanggulangan penyakit ini. Ada 5 jenis hepatitis karena virus, yaitu hepatitis A dan E (ditularkan melalui makanan atau minuman yang tercemar virus) serta hepatitis B, C dan D yang ditularkan melalui darah dan cairan tubuh.

Kejadian hepatitis di Indonesia berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2013 adalah 1,2%. Hepatitis B dan C merupakan jenis hepatitis yang berpotensi untuk menjadi sirosis (pengerasan) hati dan kanker hati. Prevalensi hepatitis B sekitar 17,4% dari seluruh kasus hepatitis sedangkan hepatitis C sekitar 2,5%. Sebagian besar penderita hepatitis adalah kelompok usia produktif.

Provinsi Jawa Timur memiliki prevalensi hepatitis sebesar 1% atau sekitar 380.000 orang. Kabupaten dengan prevalensi tertinggi adalah Kabupaten Banyuwangi (2,1%) sedangkan yang paling rendah adalah Kota Madiun.

Melihat situasi hepatitis yang cukup mengkhawatirkan tersebut, maka dilakukan kegiatan peringatan Hari Hepatitis se-Dunia untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya hepatitis. Hari Hepatitis se-Dunia jatuh pada setiap tanggal 28 Juli. Tanggal tersebut merupakan ulang tahun dari penemu virus dan vaksin hepatitis B, yaitu Baruch Samuel Blumberg (lahir 28 Juli 1925, meninggal 5 April 2011) yang juga pemenang hadiah Nobel untuk Kedokteran tahun 1976.

Peringatan Hari Hepatitis se-Dunia tahun ini merupakan peringatan yang ke-6. Tema yang diusung adalah “Pencegahan Hepatitis Ada di Tanganmu”. Rangkaian puncak peringatan tingkat Nasional dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur. Puncak peringatan Hari Hepatitis se-Dunia diawali dengan Seminar Peduli Hepatitis yang diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus 2015 di Dyandra Convention Center dengan peserta sebanyak 300 orang dari pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat. Materi di dalam seminar disampaikan oleh para ahli tentang hepatitis.

Kegiatan yang kedua dan sekaligus puncak acara Peringatan Hari Hepatitis Se-Dunia yang ke-6 Tingkat Nasional adalah jalan sehat dengan start dan finish di Gedung Negara Grahadi pada hari Minggu 30 Agustus 2015 yang diikuti sekitar 3.000 peserta dari berbagai kalangan. Kegiatan jalan sehat dihadiri oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL) Kementerian Kesehatan RI, dr. HM Subuh, MPPM yang mewakili Menteri Kesehatan dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Dalam kegiatan Jalan Sehat, Menteri Kesehatan RI, yang diwakili Dirjen PP dan PL menyerahkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Hepatitis Virus. Di akhir acara jalan sehat disampaikan doorprize utama yaitu sebuah sepeda motor matic.

   

Pada Peringatan Hari Hepatitis kali ini juga disampaikan seruan kepada masyarakat, yaitu:

1. Budayakan perilaku hidup bersih dan sehat
2, Imunisasi bayi segera setelah lahir
3, Lakukan deteksi dini hepatitis B dan C
4. Kenali gejala dan obati
5. Periksa kehamilan paling tidak 4 kali

Semoga dengan peringatan Hari Hepatitis se-Dunia ini dapat dibangun kesadaran mayarakat untuk memahami pentingnya hidup sehat.

Rangkaian peringatan HHS diisi dengan berbagai acara, diantaranya adalah seminar tentang kepedulian hepatitis yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 agustus 2015  yang bertempat di Dyandra Convention Centre dan jalan santai pada hari Minggu tanggal 30 agusus 2015.

   

Start dan Finish jalan santai ini bertempat di Gedung Grahadi,  dengan rute jalan melewati Gedung Grahadi – Jl. Gubernur Suryo – Jl. Panglima Soedirman – Jl. Basuki Rahmat – Jl. Gubernur Suryo – Gedung Grahadi. Dengan terselenggaranya acara peringatan hari hepatitis sedunia ini, kita semua diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang gejala-gejala hepatitis, deteksi dini, cara pengobatannya dan dapat membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

   

Dilanjutkan dengan senam kebugaran yang di ikuti oleh seluruh peserta gerak jalan sehat tanpa ada rasa lelah dan capek walaupun setelah berjalan +  3 KM.

   

Dihibur dengan Atraksi Reog Ponorogo

LAKIP


CACAK

Kalender

22-April-2024
24-April-2024